Waspadai Klinik Kecantikan Ilegal Yang Banyak Beredar

Saat ini tengah ada banyak klinik-klinik kecantikan yang menawarkan layanan dan perawatan kecantikan wajah, kulit, dan tubuh secara menyeluruh dengan berbagai program yang menarik dan menggoda banyak konsumen khususnya apabila ditawarkan dengan harga yang begitu bersahabat akan tetapi pernahkah Anda berpikir bahwa ada kemungkinan bahwa klinik yang hendak Anda datangi atau malah yang selama ini menjadi langganan Anda merupakan klinik kecantikan ilegal? Hal tersebut tentu menjadi sebuah mimpi buruk yang sebisa mungkin dihindari dan dijauhi oleh banyak konsumen. Tidak ada seorang konsumen pun yang berharap bahwa ia akan dilayani oleh ahli-ahli medis kecantikan yang ternyata hanya abal-abal. Oleh karena itu agar Anda tidak tertipu berikut ini adalah beberapa tips untuk mengenal dan mengetahui klinik-klinik kecantikan yang ditengarai berstatus palsu.

Tips Mengetahui Klinik Kecantikan Ilegal

Tips Mengetahui Klinik Kecantikan Ilegal 

Mencari tahu klinik kecantikan palsu yang mungkin saja banyak beredar secara diam-diam di sekitar Anda tidaklah mudah akan tetapi bukan berarti bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Anda bisa mencari tahu dan mendeteksi kecurigaan-kecurigaan yang timbul dari munculnya tanda-tanda yang mengarah ke klinik palsu tersebut. Kira-kira apa saja tips yang bisa Anda lakukan? Pada dasarnya sebuah klinik kecantikan yang beroperasi secara resmi pasti memiliki dan mengantongi izin dari badan pemerintahan yang berkaitan dengan pemberian izin praktik klinik. Akan tetapi dalam kenyataannya memang tidak banyak konsumen yang berani mengutarakan pertanyaan tentang izin pratek tersebut.

Padahal berawal dari keingintahuan mengenai adakah izin praktek yang dikantongi oleh klinik yang bersangkutan, hal tersebut sudah bisa menjelaskan atau menunjukkan bahwa klinik yang menjadi langganan Anda beroperasi secara alami. Klinik kecantikan resmi pasti akan memiliki izin yang dikeluarkan oleh badan pemerintahan yang bersangkutan. Selain itu pasti telah ada surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh IDI yang juga telah melalui survei secara terperinci sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ada. Anda bisa mulai menanyakan kepada klinik yang hendak menjadi langganan Anda atau yang hendak Anda kunjungi tentang keabsahan serta izin surat pratek kerja. Klinik kecantikan ilegal tentu tidak akan mampu atau pun tidak akan berani mengeluarkan surat yang pada dasarnya memang tidak mereka miliki.

Tips lain yang bisa Anda coba pratekkan adalah dengan melihat gelar yang dimiliki serta nomor izin praktik yang tertera di papan praktek klinik. Anda tentu sering melihat sebuah klinik memiliki papan dengan nama dokter yang bekerja. Anda bisa melihat nomor surat izin praktik atau SIP yang dimiliki oleh klinik tersebut. Biasanya ditulis di papan informasi yang diletakkan dengan ukuran cukup besar di depan klinik yang beroperasi. Setelah itu Anda bisa mengunjungi website khusus yang memang menyediakan segala informasi mengenai nomor-nomor SIP yang telah mendapat izin secara resmi dan nomor SIP-nya terdaftar. Apabila Anda memasukkan nomor SIP yang bersangkutan ke dalam website tersebut dan tidak ditemukan informasi yang dibutuhkan maka hal tersebut patut Anda curigai.

Praktik kecantikan ilegal ini bisa juga Anda telusuri melalui website resmi yang dimiliki oleh KKI atau Konsil Kedokteran Indonesia. Di sini Anda akan mengetahui segala informasi mengenai nama-nama dokter yang telah membuka praktik kerja atau yang telah bekerja di klinik atau rumah sakit. Anda juga akan mendapatkan kode verifikasi yang akan secara otomatis muncul di laman tersebut. Melalui langkah tersebut Anda akan bisa mengetahui bahwa dokter yang bekerja di klinik yang diperkirakan ilegal tersebut resmi dan legal atau tidak. Itulah tiga langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi dan mengantisipasi Anda sebagai konsumen agar tidak terjerumus di klinik kecantikan ilegal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Klinik Kecantikan Ilegal Yang Banyak Beredar"

Post a Comment